LANSIA HARUS MANDIRI, AKTIF DAN PRODUKTIF

Pemberdayaan warga lanjut usia (lansia) menjadi program yang diterapkan oleh Kelurahan Pandean, salah satunya lewat pengenalan ilmu Geriatri dan Gerontologi, sedangkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan angka harapan hidup (AHH) bagi lansia.

Pelatihan Kader Lansia Kelurahan Pandean dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 2 Agustus 2019, total ada sekitar 120 peserta yang mayoritas merupakan warga lansia dengan nara sumber penyuluhan oleh dr. Agus Nurwahyudi, Sp.S dari RSU Daerah Kota Madiun

Pelatihan tersebut dinilai penting karena dapat meningkatkan edukasi lansia sekaligus menjadi kader lansia bagi keluarganya, dengan adanya pelatihan, masyarakat akan tahu betapa pentingnya pola hidup sehat baik dari segi aktifitas maupun konsumsi makanan.

Kader Lansia diharapkan dapat mengubah pola hidupnya, supaya mereka bisa masuk dalam katagori lansia ideal, dimana mampu hidup mandiri, aktif dan produktif.

Dalam kesempatan ini nara sumber menjelaskan adanya berbagai jenis pelayanan kesehatan lansia, meliputi : Promotif, Prevention, diagnosa dini dan pengobatan, pembatasan kecacatan serta pemulihan.

Melalui kader-kader kesehatan, masyarakat menjadi lebih paham berbagai penyakit yang kebanyakan dialami oleh lansia. (dk)